PAUD Multiperspektif; Perspektif Agama, Filsafat, Psikologi, & Sosiologi
Buku PAUD Multiperspektif: Perspektif Agama, Filsafat, Psikologi, & Sosiologi menyajikan kajian lintas-disiplin atas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dengan menelaah bagaimana berbagai perspektif—agama, filsafat, psikologi, dan sosiologi—memberikan sumbangan pada teori, konsep, dan praktik PAUD. Buku ini diawali dengan pembahasan mengenai pentingnya tahap awal perkembangan manusia dan bagaimana stimulus lingkungan—baik fisik, sosial, maupun moral—berperan dalam membentuk potensi anak. Dari sisi agama, pembentukan nilai spiritual dan moral dianggap esensial untuk mengembangkan kepribadian religius. Perspektif filsafat dikaji untuk memahami landasan pemikiran dan visi pendidikan, serta kerangka normatif mengenai manusia, kebaikan, dan tujuan pendidikan. Perspektif psikologi memberikan fokus pada aspek perkembangan kognitif, emosional, dan perilaku anak serta bagaimana metode belajar dan interaksi sosial mendukung pertumbuhan tersebut. Sosiologi menempatkan anak dalam konteks masyarakat dan budaya, meneliti bagaimana struktur sosial, nilai-nilai budaya, dan interaksi sosial mempengaruhi pengalaman dan kesempatan pendidikan usia dini. Seluruh perspektif diintegrasikan untuk menunjukkan bahwa PAUD yang efektif tidak hanya mengembangkan aspek akademik, tapi juga spiritual, moral, sosial, dan budaya, dengan pendekatan holistik dan berbasis nilai. Buku ini ditujukan bagi mahasiswa PGPAUD/PIAUD, akademisi, guru PAUD, dan praktisi pendidikan anak usia dini, yang menginginkan pemahaman mendalam tentang kerangka teori dan praktik PAUD yang multidimensi.
Tidak tersedia versi lain