Buku "Konseling Kelompok: Pendekatan Realita, Pilihan, dan Tanggung Jawab" karya Mulawarman menawarkan pemahaman teoritis dan praktis mengenai penerapan pendekatan realita (Reality Therapy) dalam setting konseling kelompok. Berbasis teori pilihan (Choice Theory) yang dikembangkan oleh William Glasser, buku ini menekankan pentingnya kesadaran individu atas tanggung jawab pribadi dalam menentukan…
Buku Mahfuzhat adalah kumpulan kata kata mutiara berbahasa Arab dan terjemahannya yang dihafalkan atau dipelajari di pondok pesantren dan madrasah. Buku ini menyajikan lebih dari 2000 entri mahfuzhat—berasal dari ucapan para ulama, syair, pepatah, dan nasihat — yang kaya akan hikmah dan kebijaksanaan hidup. Kandungan buku meliputi: • Kamus Mahfuzhat yang disusun menurut abjad huruf hij…
buku ini memaparkan berbagai isu-isu kontemporer di indonesia dengan analisis hukum dan pendekatan sosiologis yang mudah diterima rasio
Buku ini membahas tentang ushul fiqh, yaitu metodologi dan prinsip-prinsip dalam memahami dan menafsirkan hukum Islam. Prof. Dr. H. Amir Syarifuddin menyajikan: 1. Konsep dasar ushul fiqh 2. Metode istinbath hukum 3. Analisis dalil dan argumentasi hukum Buku ini berguna bagi: 1. Mahasiswa studi Islam 2. Praktisi hukum Islam 3. Siapa saja yang ingin memahami metodologi hukum Islam …
Materi yang dibahas dalam buku ini : Bab 1 Pengantar Bab 2 Perkawinan Bab 3 Putusnya perkawinan Bab 4 Akibat putusnya perkawinan Bab 5 Ruju’
Penyusunan buku ini dilatarbelakangi oleh tidak tersedianya literatur dalam bahasa Indonesia mengenai ushul fiqh yang mengupas secara luas, mendalam, dan komprehensif dengan merujuk kepada kitab-kitab standar dari semua mahzab. Kajian buku ini me mengetengahkan pandangan mazhab ushul fiqh/fiqh terbesar dalam Islam, yaitu Syafi’iyah, Malikiyah, ngungkap semua persoalan ushul fiqh secara detail…
Buku ini terdiri dari 8 bab. BAb I; pendahuluan. Bab II; Kegiatan dan jabatan Guru. Bab III; Profesi dan profesionalisasi jabatan guru. Bab IV; Konsep dasar kurikulum. Bab V; Kurikulum dan proses belajar mengajar. Bab VI; Guru dan Implementasi kurikulum. Bab VII; Kinerja Guru dalam mendesain PBM. Bab VIII; Ilmplementasi CBSA dalam strategi belajar mengajar.
Buku ini membahas tentang : Interpretasi tekstual; Interpretasi intertekstual; Interpretasi kontektual; Aplikasi dan living sunnah;