Buku "Etika Profesi Guru" menggali esensi dan pentingnya etika dalam profesionilisme guru. Mengacu pada prinsip-prinsip moral dan filosofi pendidikan, buku ini membahas berbagai aspek etika yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik. Buku ini dimulai dengan pengantar yang memberikan pemahaman tentang peran guru dalam membentuk generasi mendatang. Penulis m…
Manajemen disiplin guru adalah upaya kepala sekolah untuk mengatur dan mengawasi disiplin guru dalam melaksanakan tugasnya. Disiplin guru yang baik dapat membantu meningkatkan prestasi siswa, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan membentuk karakter yang baik pada siswa. Berikut adalah beberapa contoh tindakan yang dapat dilakukan kepala sekolah untuk membina disiplin guru: • Me…
BUKU MEMBAHAS: 1. GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2. MANAJEMEN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU 3. MANAJEMEN MUTUPEMBELAJARAN MADRASAH/SEKOLAH
Pengertian guru dalam konteks pendidikan terkait dengan profesi yang diembannya sebagai pendidik dan pengajar bagi peserta didik yang ada di berbagai jenjang pendidikan. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, baik dalam pendidikan formal, non formal, maupun dalam berbagai jenjang level pe…
Secara etimologis kata etika berasal dari bahasa Yunani yaitu ethos dan ethikos, ethos yang berarti sifat, watak, adat, kebiasaan, tempat yang baik. Ethikos berarti susila, keadaban, atau kelakuan dan perbuatan yang baik. Sedangkan jika ditinjau dari bahasa latin etika adalah ethnic, yang berarti kebiasaan Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, etika diartikan ilmu pengetahuan tentang azaz-azaz akh…
uku ini terbagi kedalam enam modul pembahasan, yaitu : Modul 1 tentang Profesi keguruan dalam mengembangkan siswa. Modul 2 tentang Kompetensi kepribadian sosial dan profesional guru. Modul 3 tentang Berbagai peran guru dalam pembelajaran. Modul 4 tentang Peran guru dalam bimbingan konseling dan pengelolaan stres dalam pekerjaan. Modul 5 tentang kode etik keguruan dan penerapannya dalam berbagai…
MEMUAT STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN : 1. UURI NO. 20/2003 (SISDIKNAS) 2. UURI NO. 14/2005 (GURU DAN DOSEN) 3. PPRI NO. 19/2005 (STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN) 4. PPRI NO. 74/2008 (GURU) 5. DELAPAN PERMENDIKNAS (STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN) 6. PERMENDIKNAS NO. 10/2009 (SERTIFIKASI BAGI GURU DALAM JABATAN) 7. PERMENDIKNAS NO. 36/2007 (PENYALURAN TUNJANGAN PROFESI BAGI GURU) 8. PERMENDIKNAS NO. 39/20…
ADA TIGA KERANGKA UTAMA YANG PERLU MENDAPATKAN PERHATIAN DALAM MEMASUKI ABA 21 YAITU KETRAMPILAN HIDUP DAN KARIER; KETERAMPILAN BELAJAR DAN INOVASIDI[ERKUAT DIBAHAS MENJADI GURU HARUS : MENJADI GURU BERKARAKTER, INSPIRATIF, INOVATIF, LITERASI, BERKARAKTER, INSPIRATIF, INOVATIF
MATERI YANG DIBAHAS BUKU : 1. HAKIKA KINERJA GURU 2. FAKTO-FAKTOR YANG MEMPENGARUHUI KINERJA GURU 3. FOLLOW UP PENELAIAN KINERJA GURU 4. KINERJA GURU DAN DISIPLIN KERJA 5. KINERJA GURU DAN KEPUASAN KERJA GURU